7 Distro Linux Pengganti Windows 10 Untuk Komputer Intel Atom - Komputer Blog

7 Distro Linux Pengganti Windows 10 Untuk Komputer Intel Atom

jalalkun.com - Seperti yang telah diberitakan, Microsoft telah menghentikan pembaruan Windows 10 untuk komputer Intel Atom. Seperti yang dilansir dari independent.co.uk (21/07/2017), laptop atau komputer lawas yang menggunakan Windows 10 tidak akan mendapatkan pembaruan lagi, sejak pembaruan terakhi pada Agustus 2016. Dan juga Windows 10 akan rentan terhadap serangan virus dan juga bug jika tetap bertahan menggunakannya.
Windows sudah tidak didukung lagi
Bagi kalian yang belum menginginkan untuk membeli lap
top atau komputer baru, kalian bisa mencoba beberapa distro Linux di bawah ini sebagai pengganti Windows 10 dan juga sangat cocok untuk pemula.

1 Xubuntu

Xubuntu merupakan sistem operasi yang mudah digunakan dan juga ringan. Dengan menggunakan Xfce yang ringan, stabil dan dapat dikonfigurasikan dengan mudah. Menjadikan Xubuntu terlihat modern dengan fitur-fitur yang mumpuni namun tetap ringan dan yang paling penting dapat berjalan dengan lancar di komputer lawas. Hanya membutuhkan 512 MB RAM dan juga 7.5 GB hardisk. Sistem operasi ini sangat cocok bagi yang baru mencoba Linux.
Xubuntu

2 Lubuntu

Masih dari keluarga besar Ubuntu. Dengan slogan Ringan, Cepat, Mudah menjadikan para developer Lubuntu mengembangkan sistem operasi yang sesuai dengan slogan.Tampilan sederhana, dengan fitur-fitur modern mejadikan Lubuntu cocok sebagai pengganti Windows. Hanya dengan 512 MB RAM Lubuntu dapat berjalan dengan lancar di perangkat keras lawas hingga yang berumur 10 tahun ke belakang.

3 Puppy

Ini adalah salah satu distro paling ringan yang pernah ada. Puppy Linux mempunyai ukuran yang sangat kecil, yaitu hanya 200 MB untuk ISO nya. Meskipun berukuran kecil, namun fitur-fitur dasar yang dibutuhkan sudah ada di sini, dan dijamin akan sangat lancar di laptop jadul kalian.

4. Mint Xfce

Salah satu Distro Linux dari Debian dengan tampilan modern dan juga sangat ringan, Sangat disarankan untuk menggunakan versi Xfce, karena Xfce terkenal dengan tampilan sederhana namun terlihat elegan dan juga sangat ringan ketika dijalankan. Mempunyai persyaratan minimun 1 GB RAM lebih besar dari yang di atas, namun Linux Mint Xfce ini mampu berjalan lancar di komputer lawas.

5. BlankOn

Merupakan salah satu distro Linux karya anak bangsa yang sudah berdiri sejak tahun 2005. Dengan pengalaman yang cukup panjang, BlankOn mampu memberikan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebiasaan masyarakan Indonesia. Hanya dengan persyaratan minimum 1 GB RAM dan juga CPU 1 GHz kalian dapat menikmati tampilan mewah dari BlankOn, fitur-fitur yang menarik dan pastinya akan berjalan lancar di komputer jadul. Nikmatilah distro Linux karya anak bangsa.
BlankOn

6. Arch Linux

Jika kaliang menginginkan tampilan desktop yang keren, Arch Linux bisa menjadi pilihan utama. Memanfaatkan desktop Xfce yang sudah dimodifikasi, para pengembang Arch Linux berhasil menyuguhkan tampilan desktop yang sangat keren. Meskipun mempunyai tampilan yang keren, distribusi ini hanya membutuhkan 512 MB RAM, sangat ringan untuk laptop dengan spesifikasi rendah.

7. Tea Linux

"Nikmatnya sebuah racikan" menjadi filosofi dari Tea Linux yang dikembangkan oleh anak bangsa. Distro Linux ini sudah muncul sejak tahun 2009 dan sekarang sudah memasuki versi 9 dengan code name "Chamomile Tea" yang menjadi keturunan dari Xubuntu 16.04. Tea Linux merupakan distro buatan anak bangsa yang cukup ringan dingan minimal 1 GB RAM dapat berjalan di perangkat lawas.
Tea Linux

Itulah ke-7 distro Linux yang cocok untuk menggantikan Windows 10 pada laptop atau komputer lawas. Sebenarnya masih ada banyak distro-distro yang lain, entah itu buatan anak bangsa atau-pun buatan luar negeri. Namun yang pasti dengan menggunakan Linux kita telah berupaya untuk mengurangi jumlah pembajakan perangkat lunak di Indonesia. Yang di mana pembajakan perangkat lunak menjadi titik awal munculnya virus dan berbagai program jahat di komputer kita.


Diberdayakan oleh Blogger.