Ransomware WannaCry - Komputer Blog

Ransomware WannaCry

Beberapa waktu terakhir Dunia Maya diributkan oleh Ransomware WannaCry. Banyak sekali masyarakat yang ketakutan untuk membuka PC mereka.
Memang untuk saat ini mematikan koneksi ke pc/laptop merupakan solusi paling mudah. Kita hanya perlu menunggu hingga wabah ini menghilang, biasanya akan hilang ketika developer antivirus mengumumkan telah mendapatkan solusi.

Dengan kerugian Ransomware yang begitu banyak. Sebagian besar kegiatan menjadi manual. Dan berbagai alat kesehatan menjadi tidak berfungsi.

Dari berbagai hal yang merugikan, sebenarnya kejadian ini memberikan pelajaran dan peringatan seperti hal-hal di bawah ini
1. Jangan terlalu bergantung dengan teknologi, kita harus tetap bisa melakukan hal-hal secara manual. Jangan hanya mengandalkan otomatis.
2. Aplikasi bajakan tidak aman. Ini merupakan kebiasaan buruk orang Indonesia, menggunakan aplikasi bajakan. Contoh : Windows, Microsoft office, Corel draw, Winrar, dan masih banyak lagi aplikasi bajakan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagian aplikasi yang digunakan untuk membajak mengandung virus komputer.
3. Gunakanlah aplikasi berlisensi meskipun gratisan. Banyak sekali aplikasi atau OS asli tanpa perlu membajak, contoh nya Ubuntu. Dan masih banyak lagi.

Sebenarnya ini menjadi peringatan keras supaya meninggalkan aplikasi bajakan. Untuk Windows Dengan update terbaru kabarnya sudah dapat mencegah tersebarnya Ransomware WannaCry. Jadi celah yang digunakan Ransomware WannaCry untuk menginfeksi telah ditambal oleh Microsoft. Namun masih banyaknya OS jadul dan bajakan yang tidak mendapatkan update tersebut maka kemungkinan menyebarkan Ransomware WannaCry sangat besar. Untuk saat ini Linux masih menjadi OS paling aman.

Diberdayakan oleh Blogger.