Software - ONLYOFFICE

Minggu, April 02, 2017 0 Comments A+ a-

Software - ONLYOFFICE

Sesuai dengan namanya, software ini merupakan aplikasi alternatif untuk office. Biasanya para pengguna aplikasi gratis menggunakan Libre Office yang sudah sangat melegenda dikalangan para pengguna FOSS (Free Open Source Software). Namun dilihat dari berbagai kekurangan dari Libre Office yang kurang powerfull dan integrasi ke MS Word kurang pas. Dan UI dari Libre Office yang kurang familiar di masyarakat kita. Ya Libre Office lebih terkenal di kalangan para pengguna Linux.
Tampilan awal ONLYOFFICE

Dan sekarang muncullah ONLYOFFICE yang berusaha untuk mengatasi masalah yang ada di masyarakat kita. Ketika ingin menggunakan aplikasi office yang gratis namun familiar. 

ONLYOFFICE datang dengan solusi "Powerful like Microsoft Office, free like LibreOffice".
ONLYOFFICE menawarkan aplikasi office yang powerful seperti Microsoft Office yang sudah familiar di kalangan masyarakat Indonesia, dan memberikannya secara gratis untuk versi Desktop nya.

Terdapat beberapa versi dari ONLYOFFICE yaitu :

1. Cloud
Ini merupakan versi daring dari ONLYOFFICE, jadi kita bisa mengakses ONLYOFFICE secara daring tanpa perlu memasang di komputer kita. Namun untuk versi ini masih berbayar bagi yang ingin mencobanya terdapat uji coba selama 30 hari.
2. Server
Jika kalian ingin mempunyai office sendiri yang digunakan oleh perusahaan kalian dan dapat diakses secara daring. Versi ini sangat cocok untuk digunakan, kalian bisa memberi nama sesuai dengan perusahaan kalian. Seperti mempunya ONLYOFFICE cloud versi pribadi perusahaan. Namun untuk versi ini memerlukan pengaturan secara manual oleh teknisi. Jika versi cloud kita tinggal pakai, jika versi ini harus mempunyai server sendiri dan melakukan pengaturan sendiri.
3. Desktop
Versi untuk digunakan pribadi di komputer masing-masing. Di dalam versi ONLYOFFICE Desktop terdapat 3 fitur utama yaitu, Text Editor, Spreadsheets dan Presentasi. Jika kalian mempunyai akun ONLYOFFICE kalian dapat mendapat dukungan untuk diupload ke server mereka. Versi ini juga mendukung berbagai format populer, seperti doc, docx, odt dan lain-lain. Dan yang pasti ONLYOFFICE Desktop dapat digunakan di Windows, Linux dan Mac OS.
4. Mobile
Pengguna smartphone juga dapat menggunakan ONLYOFFICE secara gratis di ponsel pintar. Dapatkan full akses ke Text editro, spreadsheets dan Presentasi. Dan untuk versi ini dilengkapi juga dengan PDF Viewer.

Di bawah ini ONLYOFFICE Desktop yang saya install di Ubuntu 16.04

ONLYOFFICE Text Editor

ONLYOFFICE Spreadsheets

ONLYOFFICE Presentasi


Menurut saya tampilan dari ONLYOFFICE lebih enak dilihat daripada Libre Office, dan tombol-tombolnya lebih mudah dimengerti.

Kunjungi website ONLYOFFICE di https://www.onlyoffice.com/