Tutorial HTML Element HTML - Komputer Blog

Tutorial HTML Element HTML

Element pada HTML diawali dengan tag awal dan diakhiri dengan tag penutup contoh tag awal <p> contoh tag penutup </p>. Seluruh tag penutup HTML didahului garis miring. Namun ada beberapa tag HTML yang tidak memerlukan tag penutup, seperti tag <hr> tag ini digunakan untuk membuat garis mendatar, namun lebih baik menggunakan tag penutup </hr>. Tulisan yang ingin diberi efek oleh tag yang diinginkan diletakkan diantara tag pembuka dan tag penutup.




contoh tag <h1>
<h1>Hello World</h1>
hasil :

Hello World




Tag Heading <Hn>
dengan aturan n adalah angka antara 1 hingga 6, semakin besar angkanya maka semakin kecil tulisannya. Jadi <h1> adalah ukuran paling besar dan <h6> adalah yang paling kecil. Dan jangan lupa tag penutup </Hn>. Posisi default tag <h> adalah rata kiri, jika ingin membuat tulisan rata kanan atau tengah maka di dalam tag <h> kita beri atribut Align center atau right. 

contoh : <h1 align="right"> Hello World</h1>

Hasil :

HelloWorld


Tag Paragraf <p>
Jika kita ingin membuat paragraf baru bisa menggunakan tag <p>. Biasanya tag ini membuka dan menutup sebuah paragraf, 
contoh : 
<p>Struktur umum pada HTML diawali dengan tag pembuka <html> dan diakhiri dengan </html>. Dalam penulisan tag harus selalu ada tag pembuka dan tag penutup, seperti <html> ditutup dengan </html>. Jika tidak ada tag penutupnya maka tag itu akan berpengaruh hingga akhir.</p>

Baca Juga : Tutorial HTML Format Text

Tag Horizontal <hr>
Tag ini digunakan untuk membuat garis Horizontal di HTML. Di dalam tag <hr> terdapat atribut align, width, size, color dan noshade.

Tag <br> Baris
Tag ini digunakan untuk membuat baris baru.

Diberdayakan oleh Blogger.