Mematikan Fastboot Windows - Komputer Blog

Mematikan Fastboot Windows

Fastboot merupakan salah satu fitur yang ada di Windows 10, namun fitur ini sudah ditanamkan sejak munculnya windows 8. Fitur ini berfungsi untuk menyingkat waktu untuk menyalakan komputer. Fitur Fastboot ini sudah secara default diaktifkan di Windows 8 dan yang lebih tinggi.
Cara kerja fitur ini dengan menyimpan kegiatan sistem Windows pada file "hiberfil.sys" bukan menutup semua kegiatan pada sistem. Dengan hal ini akan menyingkat waktu dalam melakukan booting awal, karena sistem tidak perlu mengumpulkan informasi hardware komputer karena sudah tersimpan dalam file "hiberfil.sys". 

Meskipun fitur ini sangat bermanfaat, namun hal ini juga sangat mengganggu para pengguna "dual boot" Windows dengan Linux. Karena hardisk tidak secara penuh terputus dari sistem, hal ini membuat partisi Windows tidak bisa dibuka di Linux. Maka akan muncul error seperti ini



Untuk mengatasinya kita perlu untuk mematikan Fastboot pada Windows.
Berikut caranya :

  1. Masuk ke Windows.
  2. Buka 'Control Panel\Hardware and Sound\Power Options'
  3. Klik 'Choose what closing the liddoes'
  4. Hilangkan centang di 'Turn on fast startup'
  5. Simpan
Fastboot windows
Setelah itu matikan PC untuk mendapatkan efeknya, kalau direstart tidak akan mendapatkan efeknya.

Namun jika kamu pengguna setia Windows tanpa melakukan "dual boot" maka fitur ini tidak perlu dimatikan, karena fitur ini sangat bermanfaat. 
Terimakasih


Diberdayakan oleh Blogger.