Mengatasi Android Studio tidak Terhubung ke Genymotion

Rabu, Agustus 31, 2016 0 Comments A+ a-

Ketika kita sedang membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio, dan kita ingin mencoba aplikasinya namun terlalu berat jika kita menggunakan emulator yang ada di Android Studio. Genymotion menjadi salah satu alternatif yang paling sering digunakan para developer. Karena gratis dan lebih ringan dari emulator bawaan Android Studio.


Namun ada beberapa masalah ketika menjalankannya, seperti masalah sebelumnya Mengatasi Error Genymotion Unable to start the virtual device merupakan salah satu contoh. Di sini saya akan membagi pengalaman ketika saya menjalankan aplikasi dari Android Studio menggunakan Genymotion namun virtual Genymotion tidak muncul di AVD(Android Virtual Device) Manager. 

Setelah mengutak-atik Genymotion, saya menemukan cara untuk mengatasinya.

berikut langkah-langkahnya

  1. Buka Genymotion.
  2. Klik Settings
  3. Genymotion Setting
  4. Klik tab ADB
  5. Pada tab ADB secara default akan memilih "Use Genymotion Android tools" ini adalah SDK bawaan dari Genymotion, namun jika ingin dihubungkan ke Android Studio maka Genymotion juga harus menggunakan SDK milik Android Studio. Pilih "Use custom Android SDK tools" selanjutnya klik "Browse" pilih tempat di mana SDK dari Android Studio disimpan. Di sini saya menyimpan SDK saya di "F:/SDK/Android".
  6. Genymotion ADB
  7. Setelah itu tutup Settings dan jalankan kembali Genymotion nya